Minggu, 10 Maret 2013

7 Langkah untuk mengurangi berat badan secara permanen

Menurut Dr Jean Harvey-Berino, Ph.D., RD, dalam tulisannya di The Diet EatingWell mengatakan ada 7 langkah untuk mengurangi berat badan anda. Semuanya terangkum dalam artikel ini, selamat membaca.






Langkah 1. Pastikan bahwa kamu siap untuk berubah

Untuk menurunkan berat badan tentu membutuhkan waktu dan usaha, tentunya ini akan membuat Anda memerlukan pengorbanan. (kalau mudah, semua orang akan menjadi kurus!)

Jadi, yang jadi pertanyaan utama :

Apa yang kamu dapatkan ketika kamu kurus ?

dan

Apa yang akan kamu korbankan untuk mendapatkan itu?

Cobalah rileks saat menjawab pertanyaan itu dan segeralah buat list pertanyaan tersebut dan jawablah!



Langkah 2. Tetapkan Tujuan

Langkah berikutnya adalah untuk memutuskan sampai dimana penurunan berat badan yang masuk akal untuk Anda. Pikirkan dulu, nilai lah berdasarkan pola kebiasaan makan Anda dan buatlah rencana. Itu akan mencakup tujuan jangka panjang dan jangka pendek juga.

Mudahnya begini, biasanya makan 2 porsi sekali makan, dikurangi menjadi 1 porsi sekali makan, biasanya makan dengan nasi setumpuk plus lauk pauknya, kurangi nasinya jadi setengah begitu juga lauk pauknya. Nah, setelah itu bisa, baru ukurlah spesifik " kalo saya makan nasi setengah porsi, kira-kira berat saya turun berapa ya". Terus diukur sampai dapat nilai mendekati pasti. Jadi, kita punya titik acuan atau tolak ukur dalam menentukan berat badan kita mau diturunkan sampai berapa.



Langkah 3. Bercermin

Maksud bercermin disini bukan bergaya di depan kaca. Akan tetapi, Self Awareness (Kesadaran diri) yang penting untuk memotivasi diri agar kita mau berubah: dengan memahami perilaku Anda, Anda akan memotivasi diri Anda untuk berubah karena Anda menjadi lebih akuntabel atau memiliki rencana. Cara paling mudah untuk memahami diri sendiri yaitu dengan membaca buku-buku mengenai pola makan sehat dan ikuti latihan di dalam buku tersebut jika ada.




Langkah 4. Makan dengan penuh kesadaran

Makan sehat berarti mendapatkan berbagai makanan dalam jumlah sedang, tidak banyak juga tidak kurang. Juga tidak membuat terlarang tertentu dalam makanan, akan tetapi tidak akan berlebihan pada makanan tersebut. Makan dengan penuh kesadaran maksudnya mengetahui makanan-makanan yang membuat berat badan Anda lebih mudah naik, dan memahami prinsip kunci makan sehat.

Biasakan Prinsip ini " Makan Secukupnya"
Makanlah ketika lapar, dan berhentilah sebelum kenyang.



Langkah 5. Berkomitmen untuk melangkah lebih jauh

Latihan membuat penurunan berat badan jauh lebih mudah diucapkan akan tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Bergeraklah, tidak peduli di mana Anda berada di saat ini, Anda selalu bisa latihan.

Ada 2 tipe latihan, dan keduanya sama bagus. Latihan gaya hidup vs Latihan terprogram.  Kedua jenis kegiatan ini membantu Anda membakar kalori. Meskipun penting untuk mendapatkan sebanyak yang Anda bisa lakukan dalam kedua kategori, berilah waktu Anda untuk membuat program mengenai aktivitas sehari-hari Anda. Dengan cara itu, pola yang terprogram akan menjadi kebiasaan yang kemudian akan menjadi gaya hidup anda, semuanya akan menjadi lebih mudah. Misalnya anda jarang olahraga selama seminggu, buatlah program minimal seminggu sekali jogging lah (olahraga yang paling mudah) keliling komplek rumah anda.



Langkah 6. Dapatkan dukungan dari sekitar kita

Menurunkan berat badan itu menantang. Kadang, kita tidak bisa berharap untuk melakukannya sendiri. Ketika Anda membuat keputusan bahwa anda akan menurunkan berat badan, Anda sebaiknya mencari teman, keluarga, rekan kerja, profesional dan berpikiran yang sepikiran dengan anda. itu akan menjadi inspirasi anda dan membuat anda tetap lurus dengan komitmen anda.


Langkah 7. Memiliki Rencana Jangka Panjang

Saat Anda mencapai berat badan ideal Anda, Anda siap untuk langkah terakhir: menciptakan strategi jangka panjang yang akan membantu keberhasilan Anda tetap untuk selamanya.

Langkah mudahnya ikuti langkah ke 5,  pola yang terprogram akan menjadi kebiasaan yang kemudian akan menjadi gaya hidup anda, semuanya akan menjadi lebih mudah. Masa depan anda dimulai dari pikiran anda, setelah itu berkembang menjadi kebiasaan, setelah kebiasaan kuat melekat pada diri kita berubah menjadi karakter, dengan karakter yang terbentuk, kita bisa mengetahui nasib kita sendiri.


0 komentar:

Posting Komentar