Rabu, 13 Maret 2013

Buah dan Sayuran Sehat Menjelang Musim Panas

Sebentar lagi musim panas, bagi teman-teman semua, pasti tahu kalau musim panas tubuh kita banyak membutuhkan banyak cairan dan sesuatu yang menambah vitalitas dan tenaga kita, kalau tidak, bisa dehidrasi lah kita. Nah, kira-kira buah-buahan dan sayuran apa ya, yang menambah vitalitas kita ketika memasuki musim panas ini.

Secara garis besar ada beberapa buah dan sayur disekitar kita yang sebaiknya teman-teman cari pas musim panas ini, antara lain...

kita mulai dari sayuran disekitar kita....

Mentimun

Mentimun hampir 95% mengandung air yang dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi sambil membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Mentimun juga mengandung sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari.




Brokoli

Musim panas tiba membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Alhasil, kebanyakan orang lebih rentan terserang penyakit. Kabar baiknya, brokoli mengandung Vitamin C, yang merupakan antioksidan dan anti-inflamasi. Sayuran hijau ini juga mengandung seng dan selenium, yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Jadi, biar tubuh tidak mudah sakit, makan brokoli!



Kacang kedelai

Makanan yang satu ini tepat sekali dikonsumsi ketika musim panas tiba, selain banyak mengandung protein, kacang kedelai mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, berbagai jenis vitamin, sehingga meningkatkan tenaga dan energi yang baik serta dapat  meningkatkan metabolisme dan menguatkan sistem imun yang baik untuk kesehatan tubuh.




Terong
Sayuran ini merupakan sumber mineral seperti magnesium, mangan dan potasium. magnesium membantu fungsi normal saraf dan jantung serta menjaga sistem kekebalan sistem tubuh dari bakteri dan virus yang masuk ketubuh.Sementara mangan membantu metabolisme lemak dan karbohidrat.


Jagung
Berbahagialah bagi mereka yang senang makan jagung, ternyata sayuran yang satu ini selain kaya akan mineral dan pengontrol kolesterol, ternyata jagung juga sangat penting ketika musim panas tiba yaitu mencegah kita dari anemia karena mengandung vitamin B dan asam folat juga untuk kesehatan kulit karena kaya anti oksidan





Sekarang buah-buahan di sekitar kita....


Alpukat

Pada musim panas, kulit kita pasti akan terasa terbakar. Solusinya, ternyata buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E sangat penting bagi tubuh untuk melindungi diri dari berbagai serangan penyakit dan membantu memelihara kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, vitamin E juga baik untuk kesehatan kulit




Tomat

Tomat mengandung lycopene yang merupakan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari zat radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya karena secara perlahan dapt merusak sel jaringan tubuh sehingga menyebabkan berbagai jenis pernyakit. intinya tomat itu merupakan buah yang membuat kita kebal terhadap serangan penyakit.







Mangga

Buah yang satu ini hampir sama dengan buah tomat, kaya akan anti oksidan. Di dalam buah mangga terdapat sumber beta-karoten, vitamin C dan kalium. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitaminC) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas



Kelapa Muda

Untuk buah yang satu ini jelas kalau untuk musim panas pikiran kita cuma satu, menyegarkan, apalagi jika dihidangkan dengan es atau baru diambil dari pohonnya. Karena memang air yang berasal dari kelapa berfungsi untuk menghilangkan rasa kelelahan dan lesu. Juga air kelapa merupakan cairan isotonik yang berguna untuk kebugaran tubuh.







Semangka

Buah yang satu ini adalah sumbernya likopen. likopen berfungsi sebagai antioksidan. Lagi-lagi antioksidan. Karena sebagai antioksidan, kemampuan likopen sangat menakjubkan untuk menetralisir molekul radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh. Dan juga semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Maka tak heran jika buah ini sangat disukai warga daerah tropis dan menjadi buah favorit saat musim panas



Jeruk

Selain sebagai salah satu buah yang merupakan sumber vitamin C, jeruk juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung anti oksidan dan beta karoten. Tapi yang terpenting, ketika panas terik, sari buah jeruk apalagi ditambah dengan es merupakan minuman favorit di saat panas.




Untuk buah dan sayuran lainnya, mungkin ada banyak lagi. Teman-teman bisa cari sendiri disekitar lingkungan rumah, terutama buah atau sayuran yang mengandung anti oksidan. Karena, itu sangat diperlukan tubuh kita ketika musim panas tiba sebagai penangkal dan imun terhadap penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar