Minggu, 10 Maret 2013

8 Tips cara diet sehat


Mengkonsumsi makanan sehat secara teratur merupakan program diet yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan sangat membantu perkembangan tubuh kita.

Beberapa tips untuk mengkonsumsi makanan sehat adalah dengan melakukan hal berikut : Makan sesuai dengan jumlah kalori yang kita keluarkan setiap harinya ketika beraktivitas, sehingga anda bisa menyeimbangkan energi yang anda konsumsi dengan yang anda gunakan. jika anda makan atau minum terlalu banyak, anda akan menambah berat badan.  Jika Anda makan dan minum terlalu sedikit, Anda akan menurunkan berat badan.


Orang rata-rata membutuhkan sekitar 2.500 kalori sehari. Rata-rata wanita membutuhkan 2.000 kalori. Kebanyakan orang dewasa yang makan kalori lebih dari yang mereka butuhkan, dan harus makan lebih sedikit kalori.


Makan berbagai makanan atau istilah lainnya empat sehat lima sempurna, ini untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan diet seimbang dan bahwa tubuh Anda menerima semua nutrisi yang dibutuhkan.


Berikut Tips praktis yang mencakup dasar-dasar pola makan sehat, dan dapat membantu Anda membuat pilihan cara hidup sehat:


1. Cantumkan Salah Satu Menu Makanan Utama Anda Berupa Makanan Bertepung

Makanan bertepung harus membuat sekitar sepertiga dari makanan yang Anda makan. Makanan bertepung termasuk kentang, sereal, pasta, nasi dan roti. Pilih varietas gandum yang anda suka, pilihlah yang mengandung lebih banyak serat, dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sebagian besar dari kita harus makan makanan bertepung lebih banyak dan cobalah untuk memasukkan setidaknya satu makanan bertepung dengan setiap makanan utama. Beberapa orang berpikir makanan berkarbohidrat dapat menggemukan, tapi kenyataannya setiap gram dalam karbohidrat mengandung kurang dari setengah kalori dari lemak.


2. Makan Banyak Buah Dan Sayuran

Ini direkomendasikan bahwa kita makan sedikitnya lima porsi dari berbagai jenis buah dan sayuran sehari. Memang, Ini lebih mudah daripada kedengarannya. Segelas jus buah tanpa gula 100% dapat dihitung sebagai satu porsi, begitu pula dengan sayuran yang dimasak dalam menu sarapan. Mengapa tidak memotong pisang di atas sereal sarapan Anda, atau ganti camilan yang biasa anda makan di pagi hari untuk beberapa buah kering.


3. Makan Banyak Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Untuk makan sebaiknya dua porsi dalam seminggu, termasuk setidaknya satu porsi ikan berminyak. Minyak ikan tinggi omega-3 lemak, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Anda dapat memilih dari yang segar, beku dan kaleng, tapi ingat bahwa ikan kaleng dan asap mengandung garam yang tinggi. Ikan berminyak meliputi salmon, makarel, trout, herring, tuna segar, dan sarden . jenis ikan yang tidak berminyak termasuk tuna kaleng, ikan mas, dll.



4. Mengurangi Makanan Dengan Kandungan Lemak Jenuh Dan Gula

Kita semua butuh lemak dalam diet kita. Tapi sangat penting untuk memperhatikan jumlah dan jenis lemak yang kita makan. Ada dua jenis utama dari lemak: jenuh dan tidak jenuh. Terlalu banyak lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah, yang meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Lemak jenuh ditemukan dalam banyak makanan, seperti keju keras, kue, biskuit, sosis, krim, mentega, lemak babi dan kue. Cobalah untuk dipilah, dan memilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh ketimbang jenuh, seperti minyak sayur, minyak ikan, dan alpukat. Untuk pilihan yang lebih sehat, gunakan minyak nabati yang kandungan lemaknya sedikit dan bukannya mentega, atau gajih. Bila Anda memilih daging, pilih potongan tipis dan membuang setiap lemak yang terlihat.


Kurangi pula makanan dan minuman yang bergula, termasuk minuman beralkohol karena tinggi kalori, dan bisa menyebabkan peningkatan berat badan. Mereka juga dapat menyebabkan kerusakan gigi, terutama jika dimakan di antara waktu makan. Kurangi minuman bersoda manis, minuman beralkohol, kue, biskuit dan kue-kue, yang mengandung banyak gula: maksudnya ini adalah jenis gula kita harus pilah daripada gula yang ditemukan secara alami dalam makanan seperti buah dan susu.



5. Makan Sedikit Garam

Mungkin anda berpikir, tidak mungkin. Tapi, jika Anda tidak menambahkan garam pada makanan Anda, Anda pun masih dapat makan banyak. Sekitar tiga perempat dari garam yang kita makan sudah dalam makanan yang kita beli, seperti sereal sarapan, sup, roti dan saus. Makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Orang dengan tekanan darah tinggi kemungkinan besar akan terkena penyakit jantung atau memiliki stroke. Dewasa dan anak di atas umur 11 tahun harus makan tidak lebih dari 6 gram garam sehari. Anak-anak kecil sebaiknya kurang dari itu.



6. Cobalah Untuk Selalu Beraktifitas Dan Memiliki Berat Badan Yang Sehat

Makan diet yang sehat dan seimbang memainkan peran penting dalam menjaga berat badan yang sehat, yang merupakan bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan kondisi kesehatan seperti diabetes tipe 2, kanker tertentu, penyakit jantung dan stroke. Menjadi kurus juga dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan untuk menurunkan berat badan, dan perlu makan lebih sedikit kalori untuk melakukan hal ini. Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk makan lebih sedikit dan menjadi lebih aktif. Makan diet yang sehat dan seimbang akan membantu: bertujuan untuk mengurangi makanan yang tinggi lemak dan gula, dan makan banyak buah dan sayuran.



7. Jangan Sampai Haus

Kita perlu minum sekitar 1,2 liter cairan setiap hari untuk menghindari kita dari dehidrasi. Ini merupakan tambahan cairan yang kita dapatkan dari makanan yang kita makan. Semua minuman non-alkohol terutama, air putih, susu dan jus buah adalah yang paling sehat. Cobalah untuk menghindari minuman ringan bersoda dan manis yang tinggi gulanya dan kalori dan buruk bagi gigi.


8. Jangan Melewatkan Sarapan

Beberapa orang melewatkan sarapan karena mereka pikir itu akan membantu mereka menurunkan berat badan. Itu cara salah. Penelitian menunjukkan bahwa makan sarapan dapat membantu orang mengendalikan berat badan mereka. Sarapan yang sehat merupakan bagian penting dari diet seimbang, dan memberikan beberapa vitamin dan mineral yang kita butuhkan untuk kesehatan yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar