Minggu, 10 Maret 2013

Membuat bakso sehat

Salah satu makanan favorit di lidah orang indonesia saat ini, di waktu apa pun dan keadaan apa pun, bahkan banyak artis selain memikirkan urusan akting dan semacamnya, banyak dari mereka buka usaha ini. Makanan ini tiada lain adalah Bakso. Semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua menyukai bakso. Kenapa bisa bakso sangat di gemari oleh masyarakat ? sampai-sampai bakso di jual dari kalangan bawah dengan gerobak dorongnya juga di restoran mewah ataupun di hotel berbintang pasti ada menu baksonya.

Yang membuat kita tertarik dengan bakso, tentunya kita melihat kepada baksonya itu sendiri, rasa dalam bakso juga variasi yang ada dalam semangkuk bakso akan menambah kualitas di bakso tesebut. begitu juga dengan kuahnya. Nah, sekarang kita akan coba membuat bakso sehat, resep yang digunakan seperti yang disadur dari beberapa sumber seperti caramembuatada.blogspot.com & dini.isnandi.net disini kita akan membahas mengenai bakso sapi. selamat menikmati.

Bakso Sapi


Resep Dasar:

  • 300 gr daging sapi segar (untuk bakso urat menggunakan daging sapi sengkel, untuk membuat bakso ikan kita menggunakan ikan tenggiri, untuk bakso udang tentu menggunakan udang yang dipotong halus-halus)
  • Garam Secukupnya
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • Merica bubuk Secukupnya ( sesuai selera )
  • 1-2 sdm tepung kanji,
  • 1 putih telur



Cara Membuat

1. Cincang atau giling daging sampai halus, campur bersama garam, aduk
2. Uleni sampai adonan lembut dan bisa dipulung (kurleb 30 menit). Lalu masukkan bawang putih dan merica
3. Setelah adonan rata, masukkan tepung dan putih telur, aduk sampai tercampur
4. Bentuk adonan menjadi bulatan menggunakan 2 sendok. Rebus dalam air mendidih hingga bakso mengapung, angkat, tiriskan




Tips dan Cara Membuat Bakso

Tips Cara Membuat Adonan

Untuk membuat adonan bakso, Daging di potong kecil-kecil, kemudian cincang halus dengan menggunakan pisau tajam atau food processor atau blender. Setelah itu, haluskan daging, uleni dengan es batu atau air es (10-15% berat daging) dan garam (dan bumbu lain) sampai menjadi adonan yang kalis dan plastis sehingga mudah dibentuk. Sedikit-sedikit tambahkan tepung kanji agar adonan lebih mengikat. Penambahan tepung kanji cukup 15-20% dari berat daging, agar cita rasa daging tetap menonjol. Anda bias berkreasi dengan mencampur atau menambahkan bahan lain ke dalam adonan bakso untuk mendapatkan tekstur atau cita rasa yang lain. Misalnya, campur daging ayam dengan udang atau jamur cincang. Bahan lain yang bias dipadu dengan daging, antara lain putih telur, tepung panir, biscuit keju atau biscuit asin lainnya, soun, tahu, daun bawang, bawang Bombay, dll. Agar cita rasa bahan utama tetap menonjol, tambahkan bahan lain sedikit saja



Tips Cara Membentuk adonan

Setelah mendapatkan adonan yang dikehendaki, Anda bisa langsung membentuk bakso dengan menggunakan 2 sendok. Ambil adonan dengan sendok, lalu bentuk bulat dengan bantuan sendok satu lagi. Bagi mereka yang mahir bisa menggunakan tangan. Ambil segenggam adonan, remas dan tekan kearah ibu jari. Adonan yang keluar dari antara ibu jari dan telunjuk akan membentuk bulatan. Agar adonan tidak lengket, oleskan sedikit minyak goreng pada telapak tangan Anda. Adonan yang sudah dibentuk sebaiknya langsung direbus atau dimasukkan ke dalam air mendidih hingga matang. Tandanya Bakso sudah matang: bola-bola bakso akan mengapung di permukaan air. Perebusan bakso biasanya berlangsung 10-15 menit. Setelah diangkat, tiriskan, dinginkan pada suhu ruangan


Tips Cara Menyimpan Bakso

Walaupun tanpa pengawet, bakso dapat bertahan kurang lebih 1 bulan. Bila ingin menyimpan bakso, Perhatikan beberapa hal berikut ini:
Jika disimpan dalam lemari es (chiller), sebaiknya taruh bakso di dalam wadah tertutup atau kantong plastik Bakso bisa tahan sampai 5 hari dan Jika disimpan dalam freezer, taruh dalam kotak plastik atau kantong plastik tebal dan tutup yang rapat. Lebih baik lagi jika bakso ditaruh dalam wadah kedap udara, maka bakso bisa awet selama 1 bulan atau lebih, dan Sebelum diolah menjadi hidangan, Cuci lebih dulu bakso dalam air hangat..


Tips Cara Membuat Kuah Bakso


Untuk membuat kuah bakso, cukup bikin kuah sop biasa
kuah bakso yg simple dan enak:
tumis bawang putih yang sudah dihaluskan hingga harum, rebus air, masukkan 1/2 potong daging ayam atau 300gr daging sapi, masukkan tumisan bawang putih, tambahkan garam dan merica, masukkan potongan lobak putih, masukkan bawang merah goreng. jadilah kuah sop yang nikmat.

Lalu tambahkan bahan lainnya seperti toge, daun caisin, irisan daun seledri, tambah tahu goreng juga enak, dll. Selamat mencoba!




0 komentar:

Posting Komentar