Minggu, 10 Maret 2013

8 Makanan terbaik dan terburuk untuk pencernaan


Menurut penelitian terbaru dalam jurnal Nature Immunology, sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang sangat bagi pencernaan. selain itu, ada berbagai makanan lain yang baik dan juga buruk untuk pencernaan yang perlu Anda ketahui. Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Makanan Yang Baik Untuk Pencernaan :

Buah dan sayur Kedua makanan tersebut sangat baik bagi pencernaan karena mengandung serat tinggi. Serat sendiri merupakan salah satu nutrisi yang berkhasiat untuk melancarkan buang air besar.



Gandum utuh Beberapa jenis makanan yang terbuat dari gandum utuh adalah brown rice (beras coklat) dan tepung gandum. Sama seperti buah dan sayur, gandum utuh kaya akan serat dan baik bagi pencernaan.





Pisang Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Salah satu buah yang memiliki manfaat kesehatan spesifik bagi pencernaan adalah pisang. Buah yang satu ini aman di lambung dan cocok dikonsumsi ketika Anda mengalami muntah dan diare.



Jahe Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan peppermint adalah solusi alami untuk mengatasi masalah perut. Cobalah menikmati teh jahe atau peppermint untuk membuat perut terasa lebih nyaman.






Yogurt merupakan makanan kaya probiotik yang juga baik bagi sistem pencernaan. Di dalamnya mengandung bakteri baik yang membunuh bakteri jahat di dalam usus.









Asparagus Berikutnya ada asparagus, makanan yang mengandung prebiotik. Bedanya dengan probiotik, prebiotik mengandung serat yang dibutuhkan oleh probiotik agar jumlahnya bisa berlipat ganda. Jadi jangan ragu makan asparagus, bawang bombai, dan kacang-kacangan yang juga kaya probiotik demi menjaga kesehatan pencernaan.

Makanan Yang Buruk Untuk Pencernaan :

Makanan pedas

Memang memakan makanan jika tidak ada unsur pedas atau tidak disajikan dengan sesuatu yang dapat membuat lidah terasa pedas seperti sambal sungguh tidak enak. Akan tetapi jangan terlalu banyak mengkonsumsinya, karena sifatnya yang bisa memicu refluksi asam lambung bagi beberapa orang.




Lemak jenuh Beberapa makanan berlemak jenuh bukan cuma membuat gemuk, tetapi juga buruk bagi pencernaan. Sebab makanan berlemak jenuh meningkatkan risiko diare karena tubuh kesulitan dalam menyerap lemak.




0 komentar:

Posting Komentar